Seks di Luar Nikah Halal Menurut Hasil Disertasi Doktor di UIN Sunan Kalijaga

Inifakta.com, SLEMAN - SEBUAH disertasi untuk program doktor di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta menghebohkan kalangan Islam di Indonesia. Kajian disertasi yang diangkat oleh mahasiswa pasca sarjana S3, Abdul Aziz ini memaparkan pemikiran pemikir Islam, Muhammad Syahrur, tentang celah hubungan seks di luar nikah yang dibolehkan.
Aziz mengemukakan pendapat yang menyatakan seks di luar nikah dalam batasan tertentu tidak melanggar syariat alias halal dilakukan. Berikut informasi yang dihimpun oleh Inifakta.com  dari berbagai sumber terkait kontroversi tersebut:
Ada celah di mana hubungan seks tanpa menikah atau non marital bisa dianggap halal. Dalam disertasi yang berjudul “Konsep Milk Al-Yamin Muhammad Syahrur sebagai Keabsahan Hubungan Seksual Non Marital”, Abdul Azis menjelaskan, hubungan seks di luar nikah bisa dianggap halal menurut konsep Muhammad Syahrur, apabila memenuhi empat syarat.
Apa saja syaratnya?
1. Tidak dilakukan di tempat yang terbuka.
2. Tidak dengan perempuan bersuami. 
3. Bukan secara homo 
4. Bukan inses
“Jadi hubungan seksual non marital boleh, dengan catatan tidak dilakukan di tempat terbuka. Tidak dengan perempuan bersuami. Kemudian bukan secara homo dan bukan inses. Selebihnya boleh,” kata Abdul Azis. (if)
Abdul Aziz

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosok Muhammad Syahrur, Si Anak Tukang Celup yang Menghalalkan Seks di Luar Nikah